Jumat, 26 Juni 2009

Profil

Visi, Misi dan Tujuan
Submit | 28 . November . 2007 |



Seiring dengan langkah?langkah penataan kelembagaan dimulai pula penaataan kinerja dan manajemen pengelolaan organisasi agar dapat diusahakan berfungsi secara optimal. Dalam upaya memberikan arah, motivasi dan kekuatan gerak langkah segenap civitas akademika, STAI Almaarif perlu memiliki visi dan misi sebagai pedoman dasar dalam melakukan tugasnya masing-masing. Pada tahun pertama yang menjadi titik perhatian adalah menumbuhkan etos dan semangat kerja bersama dengan melakukan pembenahan (reformasi) aspek administrasi dan manajemen yang menyangkut man, money and material. Hal ini dipandang penting mengingat perasaan apatis, frustasi dan hilangnya semangat hidup akibat situasi tidak menentu yang berlangsung lebih dari 5 tahun. Oleh karena itu langkah-langkah pemberdayaan dengan mencari jati diri sebagai lembaga yang mandiri harus dicanangkan dalam visi, misi dan rencana strategis untuk dijadikan pedoman.

Visi
Pendidikan Tinggi Agama Islam terdepan dalam mengembangkan kualitas keilmuan dan kepribadian yang bernafaskan nilai-nilai Islam serta mempunyai kepedulian terhadap tuntutan kebutuhan lokal dan tantangan global.

Misi

  • Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan manajemen berkualitas, yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan siap menghadapi kompetensi global, nasional dan regional dengan landasan nilai-nilai Islam.
  • Mengantarkan mahasiswa menjadi sarjana Muslim yang memiliki keluasan ilmu ke-Islaman, kematangan profesional, kedalaman aqidah dan keluhuran akhlak.
  • Mengembangkan ilmu-ilmu ke-Islaman melalui pengkajian dan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan cakrawala pemikiran dan memberi kontribusi terhadap konsep-konsep pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.

Tujuan:

  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan agama Islam, IPTEK dan seni yang bernafaskan Islam.
  • Mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan agama Islam, IPTEK dan seni yang bernafaskan Islam, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

2 komentar: